Mengunjungi Wisata Sumatera Barat dalam Sehari (Part 1)

Setelah di postingan sebelumnya aku bahas tentang cerita perjalan Mudik ke Padang Naik Bus dan bagaimana menghabiskan lebaran di Padang untuk pertama kalinya, nah kali ini mau cerita kelanjutan dari pengalaman kami selama di Padang. Kurang afdhol rasanya kalo ke suatu provinsi jika tidak sekalian mengunjungi tempat-tempat wisata di sana, apalagi saat momen lebaran begitu,  pasti pengen banget dong jalan-jalan.

Karena kami gak punya kendaraan pribadi di sana, jadilah kami sewa mobil satu hari full untuk jalan-jalan. Jadi kami berencana menghabiskan satu hari full khusus untuk mengunjungi tempat-tempat wisata diSumatera Barat. Penasaran kan kami kemana aja, yuk simak perjalanan kami selengkapnya!

1. Green House Lezatta
Tempat wisata Sumatera Barat pertama yang akan kami kunjungi sebenarnya adalah ke Jam Gadang di Buktittinggi. Tapi dalam perjalanan ke sana, kami disarankan sama supirnya, yang kebetulan orang asli Sumatera Barat untuk mampir ke Green House Lezatta. Masuk ke taman ini sangat mirip sama taman-taman wisata buatan di Bandung. HTM nya Rp 15.000 aja.

Green House Lezatta
Mama dan Babe <3

Green House Lezatta
Me tampak belakang

Green House Lezatta Padang
Rumah Barbie

Green House Lezatta Padang
Spot yang instagramable

Green House Lezatta Padang
My sister

Green House Lezatta Padang
Tanaman dalam pot plastik
Green House Lezatta Padang
Bunga-bunga yang indah

Sayangnya kita gak bisa lama-lama di sana, karena harus ngejar target sampai Bukitttinggi sebelum keriangan karena khawatir akan macet, maklumlah kan pas libur lebaran. Sekitar satu jaman, kita langsung cuss ke Bukittinggi

Baca Juga : Pertama Kali Lebaran di Padang

2. Jam Gadang, Bukittinggi
Alhamdulillah sampai Bukittinggi tepat waktu. Walaupun sempat terkena macet di beberapa titik, apalagi saat sudah mulai memasuki kota Bukittinggi itu sendiri. Mungkin karena Bukittingi adalah kota yang cukup terkenal di Sumatera Barat, dan pas momen libur lebaran, lalu lintas di sana hampir mirip seperti layaknya di kota Jakarta. Oiya di perjalanan tidak jauh dari lokasi Jam Gadang, saya sempat melewati Museum-nya Bung Hatta. Tapi sayangnya tidak memungkinkan untuk mampir karena harus nguber waktu. 

Setelah sampai, kita langsung cuss ke Jam Gadang. Suasananya cukup ramai, banyak wisatwan yang foto-foto. Kita gak mau ketinggalan dong hehe. Dan rasanya belum afdhol rasanya ke Jam Gadang kalo belum pake jasa tukang foto di sekitar lokasi. Tapi berhubung belum sempet discan, jadi cuma bisa share foto dari smartphone hehe.
Jam Gadang Bukittinggi

Setelah puas foto-foto, kita menuju ke spot lain yang tidak jauh dari lokasi Jam Gadang, yaitu Janjang Ampek Puluah alias Tangga Empat Puluh. Ya, sesuai dengan namanya, Janjang Ampek Puluah merupakan susunan empat puluh anak tangga yang diperuntukan bagi warga dari arah bawah untuk menuju Pasar Bukittinggi, yang memang lokasi pasarnya agak tinggi. Kami sendiri ke tempat ini setelah dari Jam Gadang, lalu menuju ke Pasar Bukittinggi, tapi tidak perlu naik Janjang Ampek Puluah tersebut.
Janjang Ampek Puluah Bukittinggi
Foto dari atas Janjang Ampek Puluah

Janjang Ampek Puluah ini juga merupakan ciri khas kota Bukittinggi loh, selain Jam Gadang. Walaupun tangga tersebut sudah keliatan kuno, tapi saya suka karena terlihat unik dan cantik hehe. Aku dan adikku menuruni janjang agar bisa ambil angel foto-foto yang bagus. Sementara mama dan babe nungguin aja di pasar atas, karena udah gak kuat kalo harus naik-turun tangga sebanyak itu.
Janjang Ampek Puluah Bukittinggi
Mama dan Babe nunggu dari atas Pasar Bukittinggi
    
Janjang Ampek Puluah Bukittinggi
Just me

Dari Janjang Ampek Puluah perut udah keroncongan aja nih, tanpa buang waktu kita langsung ke Pasar  Bukittinggi untuk makan siang. Tibalah kita di suatu rumah makan di dalam pasar. Aku pesen menu, lupa namanya, tapi terdiri dari tahu, mie, kerupuk yang disirami sambel kacang. Enaaaak bangeeeeet Alhamdulillah.

Kita juga sempet nyobain kudapan khas Bukittinggi yang bentuknya bulat seperti bola, namanya kubang.
kuliner bukittinggi
Bola-bola, Kubang

kuliner bukittinggi
Tahu kecap


Kenyang makan, tidak lupa kita muter-muter nyari oleh-oleh khas Bukittinggi untuk dibagikan ke keluarga dan teman di Jakarta. Kita beli kerupuk kulit, kerupuk sanjai balado, telur balado, dll.

Kenyang makan kita lanjut jalan lagi ke parkiran mobil. Sepanjang jalan tersebut kita sempet nyobain jajanan khas yang dijajakan penjual di sana. Namanya kerupuk mie, yaitu kerupuk yang di atasnya dikasih bihun dan kuah. Kuah ini sama dengan kuah yang ada di sate padang, Cuma ini teksturnya lebih encer. Rasanya? Enaaaaaaakk.
kerupuk kuah bukittinggi


Foto-foto di Jam Gadang udah, ke Janjang Ampek Puluah udah, nyobain jajanan khas Bukittinggi udah, beli oleh-oleh udah, saatnya kita ke tempat wisata selanjutnya nih. Tempat wisata apa lagi yang akan kita kunjugi selanjutnya? Baca kelanjutan kisahnya di sini ya :D Thank you.