Pertama Kali Lebaran di Padang

Halooo..
Setelah sebelumnya merampungkan cerita suka-duka mudik ke Padang dengan bus di part 1 dan part 2, kali ini lagi dateng mood untuk cerita pengalaman pertama kali lebaran aka Idul Fitri 2018 di kampung halaman ayah di Sungayang, Solok, Sumatera Barat. Sebut saja postingan ini kelanjutan dari perjalanan mudik tersebut ya, let's find out!

 
Prolog
Jadi setelah H-1 lebaran kita tiba di rumah tante, kira-kira jam 12 malam, kita langsung tepar di kasur. Boro-boro mau melakoni rangkaian skincare malamku yang ribet itu, cuci muka pun aku udah gak kepikiran. Padahal setelah perjalanan jauh dua hari dua malam gitu pasti muka kotornya dan berminyak udah kayak apaan tau, tapi i really didn't care, i just need to sleep tight. Mama dan adek yg liat aku gak cuci muka dulu, langsung ikutan tidur hehe. Untungnya muka gak bermasalah apa-apa sih setelah itu hehe.


Siap-siap Sholat Eid
Okay, next day is the Eid Mubarak day, alhamdulillah Allahu akbar. Kita langsung bangun pagi-pagi buat mandi dan siap-siap untuk shalat Idul Fitri. Pengalaman pertama mandi di Padang, dingiiiiin banget airnya. Secara airnya dari gunung asli dan sekitar rumah banyak pohon yg berarti adem sejuk dingin udaranya.


Ada sedikit insiden pagi itu, gembok koper gak bisa dibuka karena lupa password! Panik banget asli. Ya kali udah jauh-jauh mudik pengen sholat Eid di kampung halaman, koper gak bisa dibuka, terancam gak sempet sholat Eid huhu. Apalagi bokap tipe yang suka buru-buru dan suka ngoceh kalo ada kesalahan yang menghambat, jadi makin panik takut diomelin. Setelah hampir setengah jam adek berusaha dengan tenang menyocokkan passwordnya, akhirnya bisa kebuka juga, alhamdulillah... *elus dada

Udah kece dan cakeup, cuss lah kita ke masjid untuk sholat Eid. Kebetulan lokasi masjidnya agak jauh dari rumah tante, jadi kita harus naik angkot dulu untuk ke sana. Jadilah kita carter angkot bareng tetangga lain yang mau sholat Eid juga. Perjalanan ke masjid kurleb 15 menit. Di sepanjang jalan, baru kelihatan pemandangan asrinya desa ini (karena kemarin pas kita tiba sudah malam). Gunung, sawah, pepohonan, beberapa rumah gadang, masya Allah indahnya.. Aku sangat menikmati perjalanan singkat ini.

Masjid Raya Sungayang, tapi kita enggak shalat Eid di sana

First Time Sholat Eid di Kampung Ayah
Oiya ralat, kita enggak sholat di masjid, tapi di tanah lapang gak jauh dari masjid di sekitar sana. Memang kan disunnahkan sholat Eid itu di tanah lapang ya, CMIIW. Kalo gak salah tempat ini sebenarnya adalah tempat balai desa atau balai nagari kalo bahasa padangnya gitu, jadi bisa dibilang pusat kegiatan masyarakat setempat. Begini suasananya

Balai Nagari Sungayang
Sudah mulai berdatangan untuk shalat Eid



Kita langsung cari tempat dong buat sholat. Ternyata banyak juga orang perantauan dari daerah lain yang ikut sholat Eid juga, jadi bukan kita doang lah ya yang orang kota di sini heuheu. Malah kita banyak nemu orang yang lebih ketjeh dan cetar membahana penampilannya. Bisa dibilang mereka adalah contoh perantau sukses, apalah kita yang cuma remahan rengginang dalam kaleng Khong Guan 

Kondisi lapangan tempat shalat Eid
But proudly yang jadi khatib sanak saudara kita dong hehe, namanya Buya Masnefi, sepupu Ayah dari jalur Nenekku. Tapi gak sempet foto sih waktu itu huhu. Oiya adekku kebetulan lagi haid, jadi gak ikut sholat. Dia duduk agak jauh dari lapangan tempat kita sholat. Kasihan sih, tapi mau gimana lagi.

Makan Sate Padang di Padang
Kelar sholat Eid, biasanya kan denger khutbah, tapi karena mama udah ngerasa kedinginan karena duduk di tanah lapang cuma beralas sajadah dan koran, kita akhirnya memilih cabut sebelum kelar khutbahnya. Plus mama merasa kasihan sama adek yang sendirian di belakang.

Banyak jajanan di sekitar lapangan kayak sate padang, sosis bakar, dll. Setelah ketemu adek, akhirnya kita jajan-jajan dong. Gak usah ditanya, mama langsung beli sate padang, aku ngikut. Harganya muraaah banget cuma Rp 5.000 per porsi plus enaaaakk banget lagi sampe pengen nangis *apasih



Perut kenyang, kondisi lapangan udah mulai sepi, tak mau kelewatan, kita langsung foto-foto untuk mengabadikan momen ini. 

With mama <3

Alhamdulillah. Seneng banget bisa sholat Eid di sini, sama keluarga tercinta, makan sate padang enak, ya Allah nikmat-Mu mana lagi yang kamu dustakan.

Silaturahim ke Keluarga Besar Ayah
Kelar sholat Eid kita langsung mengunjungi rumah-rumah keluarga besar ayah yang letaknya tidak jauh dari lapangan tadi. Cuss lah kita mampir untuk silaturrahim.

Mampir pulang dari shalat Eid, langsung disuruh makan :D


Babeh dan adiknya alias pamanku


Makan makan lagi dong hehe
Babeh, tante, paman <3

Oiya di kampung ayah ini ada makanan khasnya, namanya lope srikaya. Katanya sih cuma ada di Sungayang aja. Kalo pun ada di tempat lain, mungkin rasanya beda. Makanannya terbuat dari telur bebek dan gula yg dikocok-kocok gitu deh, aku juga kurang paham. Terus dimakan sama lope yang terbuat dari beras ketan. Rasanya? Enaaaaaaak banget.

Kiri : Sirkaya, kanan : lope

Sekian dulu ya. Nanti lanjut lagi. See youuuu..