Mudik Ke Padang Naik Bus (Part 1)

Credit to https://www.padangkita.com

Note : Saya menyebut 'Padang' di sini maksudnya adalah Sumatera Barat secara umum ya, bukan Padang ibukota Sum-Bar itu sendiri. Hanya spy mudah dipahami pembaca aja saat sekilas baca judulnya hehe.

Bismillahirrahmanirrahim,

Sebelum share pengalaman mudik ini, pertama2 sy mau bersyukur dulu sama Allah (ceileh udah kayak pidato aja :P), krn sungguh semata2 krn nikmat dari-nya lah akhirnya hajat saya dan keluarga (mama, bokap, adek) untuk pulang kampung ke Padang akhirnya bisa terwujud. FYI saya bukan dr keluarga kaya, yg bagi kami mudik ke Padang itu merupakan suatu hal yg 'mahal', krn membutuhkan budget yg tdk sedikit utk ke sana. Bahkan saya dan adik baru pertama kali ini menginjakkan kaki ke tanah leluhur di usia sekitaran seperempat abad ini, mengingat dulunya jangankan utk mudik ke Padang, utk makan aja susah huhu (lebay :p)

Subhanallah walhamdulillah Allahuakbar.. 

Jadi niat share pengalaman ini cuma buat dokumentasi pribadi aja sih sebenernya, dan semoga bisa bermanfaat buat yg nanti siapa tau ada yg mau mudik ke Padang naik bus juga atau sekedar ingin tau suka-dukanya hehe.

Kenapa naik bus?
Nah, setelah panjang lebar saya jelasin di atas, jadi pada tahu dong kenapa saya mudik ke Padang naik bus, bukan naik pesawat hehe. Kami sekeluarga waktu itu berangkat H-2 lebaran (Rabu, 13 Jun 2018), yg mana udh pasti harga tiket pesawat gila-gilaan naiknya. Waktu itu saya cek harganya mencapai sekitar Rp 1.500.000 - 1.700.000 (hari biasa cuma sekitar Rp 500.000, naiknya banyak banget kan?! Bus yang kami naiki adalah bus PO NPM (Naiklah Perusahaan Minag). Naik bus NPM ini harganya cuma Rp 625.000 (kelas eksekutif, dgn toilet di dalam), yg mana kami berempat jd total Rp 2.500.000. Lumayan kn, buat ongkos aja sampe Rp 2.5jtan hiks. Kita sempet bandingin kalo org Jawa yg mudik, pst ongkosnya gak gini2 amat hehe.


Oiya harga tsb blm termasuk ongkos ke terminal, jajan2 dan makan di jalan ya. Tapi gapapa sih, krn ini momen lebaran dan alhamdulillah ada rejeki (beneran kalo lebaran emg rejeki lg banyak hehe), makanya saat itu uang Rp 2.5jt gak terasa mahal bagi kami (saat itu),  dan krn emg udh ngidam lama jg sih bwt mudik ke Padang hehe.

Baca Juga : Pertama Kali Lebaran di Padang
Hari Keberangkatan
Kami berangkat pada Rabu, 13 Juni 2018, jadi pas bgt hari pertama cuti lebaran, langsung cuss berangkat. Kami sih dijadwalin berangkat jam 09.00 dari terminal Kali Deres, Jakarta Barat, Tapi you know lah pasti bakalan ngaret, dan ternyata bener bus baru berangkat jam 12.00!! KESEL BANGET NUNGGUNYA KELAMAAN WOYY!! (Langsung nyanyi lagu Kuingin marah..melampiaskan..)

FYI NPM ini adalah bus asli punya orang minang. Klo orang minang sh umumnya udh tahu kiprah bus ini. Beda dgn saya, yg baru denger nama bus ini pas mau mudik kemarin hehe. Begini penampakan bisnya :

Bus dalam Terminal Kali Deres

Pssstt..yg pake koko merah itu bapakku :3 <3

Begini penampakan dalam bus. Kami dapat bangku hampir belakang hiks, krn telat beli tiketnya.

Penampakan bus dalam toilet
Keadaan dalam busnya lumayan bersih dan nyaman. Kacanya juga lebar dan posisinya di bawah bahu, jadi bisa lihat pemandangannya lebih mudah. Tips buat yg mau mudik jarak jauh naik bus : jangan lupa bawa bantal leher ya, krn bener perlu banget supaya leher gak pegel saat tidur selama di perjalanan. Kemarin kami gak bawa niatnya spy gak ribet bawa2 bantal, eh leher jadi pegel banget huhu. Oiya dan jangan lupa bawa dan minum Antimo. Supaya gak mabuk perjalanan? Bukan, supaya gampang tidur selama di perjalanan (PS : Antimo bikin ngantuk) dan jadinya gak bete di jalan krn banyak tidurnya hehe.

Untuk kelanjutan kisahnya, baca di sini

Thank you!

Labels: , , ,