Mudik ke Padang Naik Bus (Part 2 - Habis)

Credit to https://www.padangkita.com

Note : Saya menyebut 'Padang' di sini maksudnya adalah Sumatera Barat secara umum ya, bukan Padang ibukota Sum-Bar itu sendiri. Hanya spy mudah dipahami pembaca aja saat sekilas baca judulnya hehe.

Oke, lanjut posting selanjutnya ya. (Untuk yang belum baca Part I, silahkan baca di sini)

Bus Berangkat dari Terminal Kali Deres
Nah jadi bus NPM kami berangkat dari terminal Kali Deres jam 12.00 lebih sedikit. Bus langsung masuk tol sekitar Cengkareng. Oiya di keberangkatan itu masih di bulan Ramadhan (H-2 Idul Fitri), jadi kami bertiga (minus adik yg sedang haid) dalam keadaan puasa semua alhamdulillah. Ya kami pikir toh di jalan nanti cuma bakal duduk2 doang, masa iya gak puasa hehe. Karena sebelum berangkat (pas makan sahur) sengaja minum Antimo (maksudnya biar ngantuk, bukan biar gak mabok), jadi mata udah mulai berat banget. Mau tidur tapi inget belum sholat Dzuhur dan kebetulan udah prepare wudhu dari rumah juga, biar gak ribet di jalan. Ya udah aku langsung sholat Dzuhur sekaligus jamak Ashar di dalam bus. Yg kemudian baru tahu kalo sholat di dalam bus tuh gak sembarangan bisa dilakuin kecuali ada udzur syar'i nya hiks. Semoga Allah maafkan aku dan terima sholatku ya :(

Setelah sholat aku udah gak sadarin diri lagi deh alias udah tepar tidur kayak dibius aja. Bangun2 udah masuk daerah Banten deket pelabuhan Merak. Yang aku sebel sih busnya mampir dulu ke salah satu rumah makan deket pelabuhan Merak, padahal kan yaelah udah mau masuk kapal, ngapain pake acara mampir segala sih, udah tadi jadwal berangkatnya ngaret dua jam, baru jalan berapa jam aja udah berhenti lagi, kapan nyampenya gusti (T.T)Tapi ya ternyata banyak yg turun juga buat sholat Dzuhur sekalian makan. Duh nyesel juga udah ngedumel duluan tadi :((

Naik Kapal Menyebrangi Selat Sunda
Jujur ini pertama kalinya masuk kapal feri di Pelabuhan Merak naik kendaraan, karena sebelumnya selalu turun di terminal Merak dan jalan kaki buat naik ke kapal. Alhamdulillah waktu itu lancar2 aja masuk kapalnya, padahal tadinya udah nyiapin mental bakal macet karena kan udah puncak arus mudik.

Pas bus naik ke kapal bener2 pengalaman pertama banget dan rasanya luar biasa, bus sebesar ini masuk kapal hey! Kelar parkir penumpangnya pada turun dong ya, langsung cuss naik ke kabin khusus penumpang.

Perjalanan pelabuhan Merak ke Bakauheni (Lampung)  kira2 dua jam kalau lancar. Lancar gimana?  Emang di laut bisa macet? Ya karena pas nanti kapal sampai mau nepi di pelabuhan, kadang suka antri nunggu kapal lain yg lagi bongkar-pasang penumpang.

Pas di dalam kondisi kapal ramai banget, karena emang udah puncak arus mudik. Kami sempet keliling2 cari tempat duduk yang ternyata udah full. Alhasil jadilah kami duduk di salah satu ruangan penumpang. Duduknya terpaksa di lantai karena gak ada bangku kosong :( Tapi gapapalah yang penting bisa selonjoran hehe. Dan unfortunately di ruangan yg ada orang nyanyinya gitu deh, berisik bgt suara speakernya kayak maksimal mode on.

Lama duduk di dalam bosen juga, kami kemudian memutuskan keluar ruangan menuju balkon kapal yang bisa liat laut lepas. Mataharinya lagi nyengat banget, tapi tak apalah daripada bete di dalem. Kami sempet foto2 dong ya buat kenang-kenangan hehe.

Baca juga : Pertama Kali Lebaran di Padang

Welcome to Sumatera Island
Sampai di pelabuhan Bakauheni sekitar jam 17.00 an alhamdulillah. Udara jg udah agak sejuk. Kita ngelewatin pertigaan arah ke Lampung Timur, biasanya kalo mau ke kampung mama, dari Bakauheni pasti langsung belok ke sana. Tapi ini kita lurus aja. Pemandangan asri udah mulai nampak di sepanjang jalan. Berasa mudik banget hehe. Secara kan selama di Jakarta jarang liat pohon, kebanyakan liat gedung hehe.

Tidak lama bus berhenti lagi di rumah makan untuk sholat Maghrib sekalian jamak Isya. Kita langsung cuss ke toiletnya buat wudhu dan sholat. Mau review kondisi toiletnya sedikit gapapa ya, jadi toiletnya tuh gak bisa dibilang bersih tapi gak kotor jorok jijik juga sih, cuma gelap remang2 gitu lampunya, ya namanya juga toilet umum what do you expect. Tapi buat kamu yg tipe resik banget mungkin agak nyaman.

Kita gak minat makan di sana, karena kita udah buka puasa pake bekal makanan yg dibawa pas adzan maghrib di dalam bus, jadi ya tinggal sholat aja, alias kalo bisa ngirit ngapain boros ya kan :P (mental anak ekonomi). Tapi krn bokap udah pesen kopi, kita jadi pengen juga pesan teh manis hangat.

Berhentinya gak terlalu lama, bus langsung meluncur lagi. Kondisi jalan udah gelap banget krn udah malem. Agak sedih juga sih, kita jadi gak bisa sholat tarawih, padahal malam itu adalah malam terakhir sholat tarawih karena besoknya udah masuk malam takbiran :( Yaudah kita langsung memutuskan tidur aja. Lampu di dalam bus sudah dimatikan, udara semakin dingin, bobo-able banget pokoknya hehe.

Di perjalanan malam, hari kesatu ini kita masih menyusuri provinsi Lampung. Kota yg kami lewati (kalo gak salah inget) adalah Kalianda, Tanjung Karang, Panjang, Bandar Lampung, Kotabumi, Kemuning, dll.

Day 2
Sekitar jam 3an aku kebangun. Jalanan masih gelap, tapi udah puas tidur jadi gak niat untuk tidur lagi. And as always, i love to stare out the window sambil mikirin lika-liku kehidupan ini (halah).

Kemudian gak lama kita sahur dong ya, karena ini hari terakhir untuk puasa. Sebenarnya kita dapat keringanan untuk gak puasa,  karena sedang dalam perjalanan jauh (safar), tapi kita memutuskan untuk puasa aja karena seperti yg udah dibilang di atas, kan di jalan kan juga cuma duduk2 aja masa iya gak kuat puasa hehe. Ditambah males juga sih kalo punya utang puasa kebanyakan hehe.

Udah mau jam 06.00 pagi kami masih di jalan. Aku panik sendiri kok ini bus gak berhenti untuk sholat. Karena takut gak sempet sholat, akhirnya aku ambil inisiatif sholat dalam bus dengan wudhu tayamum, dan yang ternyata gak boleh kan hiks. Ternyata eh ternyata gak lama bus akhirnya berhenti di mushola di pinggir jalan. Aku cuma turun buat cuci muka pake facial foam karena waktu berhenti bus ini cuma sebentar. Itu juga sampe disuruh buru2 karena bus udah mau berangkat. Yeee tunggu bang!

Bus meluncur kembali membelah hutan Sumatera
Di pagi, hari kedua ini kita udah masuk provinsi Sumatera Selatan. Kota yg kita lewatin yaitu (maaf kalo salah dan gak sesuai urutan) Baturaja, Muara Enim, Lahat, Lubuk Linggang, Sarolangon, dll.Di sepanjang pinggir jalan kita bisa ngeliat banyak rumah tradisional khas provinsi Sum-Sel (lupa nama tepat daerahnya), yaitu semacam rumah panggung gitu. Sukaaak deh liatnya. Bener-bener pengalaman berharga banget bisa liat kehidupan asli orang lokal Sum-Sel. Cuma emg ternyata waktu itu mendekati musim Pilkada, jadi banyak spanduk calon Kepala Daerah gitu.

Badan udah mulai pegel-pegel, secara udh 24 jam lebih kita duduk dan gak rebahan. Udah mulai bosen juga. Udah gitu aku tipe orang yg susah tidur kalo di jalan. Setiap aku tengok ke belakang, adik dan ayahku sering dalam keadaan tertidur pulas. Iri! Aku inisiatif berdiri di tengah di antara bangku penumpang. Untung waktu itu duduk di paling belakang sih, jadi gak ngalangin pandangan orang juga kalo berdiri hehe. Tapi pemandangan di luar bus emang penghilang penat banget, soalnya hutan-hutan lebat gitu masya Allah. Bener-bener kayak jalan di antara hutan Sumatera guys! Masya Allah.. Masya Allah..
<video>

Kita sempet singgah juga untuk sholat Dzuhur dan Ashar di daerah Lubuk linggau kalo gak salah. Hemm pengalamam banget ya bisa menginjak tanah Sum-Sel hehe *norak. Kondisi toiletnya gak perlu direview lagi lah ya kurang lebih sama kayak toilet2 sebelumnya. Nyesel sih gak kepikiran ganti baju di hari kedua ini, jorok banget emang! Mungkin emang kayak males ngeluarin baju dalem tas, yg isinya udh campur aduk entah gimana. Jangan ditiru ya! Tapi pas perjalanan pulang kita persiapin baju ganti banget kok, pas mulai gak nyaman langsung ganti hehe.
Provinsi selanjutnya yang kita lewatin yaitu Jambi, baru selanjutnya sampai ke Sumatera Barat.

Sumatera Barat, finally!
Kita masuk Sumatera Barat kira-kira sore menjelang Maghrib gitu. Kita lagi-lagi buka puasa pas masih di dalam bus, masih dengan bekal makanan yg kita bawa; kurma, nasi, rendang dan abon. Gak lama bis singgah lagi di salah satu resto. Kata ayah sih ini persinggahan yg terakhir, which is sebentar lagi nyampe dong, yeaaayy.. Kita langsung cuss sholat maghrib jamak Isya. Oiya yg spesial dari resto ini, karen udah masuk daerah Sum-Bar, jadi ada bapak-bapak yg bikin pertunjukan saluang gitu. Bokap langsung duduk nonton dengan seksama dong pun. Udah kagak nostalgia masa kecil gitu hehe.
<foto>

Kira-kira dua jam perjalanan, kita udah mulai masuk daerah perkampungan nih, sebelumnya kan masih hutan gitu. Seneeenggg banget udah mau sampe. Apalagi suasana malam takbiran udah mulai keliatan, suara takbir sudah mulai terdengar. Allahu akbar,, Allahu akbar,, Allahu akbar.. La ilaha illallahu Allahu akbar.. Allahu akbar wa lillahil hamd.. Ya Allah nikmat mana lagi yg Aku dustakan, cita-cita buat mudik ke kampung halaman ayah akhirnya kesampean juga *terharu

Sampai di terminal Solok, berarti udah bentar lagi ke kampung ayah yg ada di Sungayang, Batusangkar. Di terminal ini ada bus NPM dari terminal-terminal lainnya di Jakarta, kayak Kampung Rambutan, Rawamangun, dll. Sebelnya sama awak bus NPM, para penumpang ini dibagi-bagi lagi ke sesuai tujuan spesifik masing-masing, misal yg mau ke Solok masuk bus A, yg mau ke Bukittinggi ke bus B, dll. Jadi makan waktu banget. Bete lah, padahal udh tinggal mau nyampe banget. Untungnya sih, kita gak perlu ganti bus, karena bus yg ke Batusangkar justru yg harus pindah ke bus kita.

Sembari nunggu pertukaran penumpang, banyak pedagang yg lalu lalang menjajakan dagangannya. Di antaranya ada yg jual sate padang. Karena perut yg sudah mulai lafar plus mama yg suka banget sate padang, langsung beli dong hehe. Enaaaaaakkk banget satenya sumpah. Sate padang emang lebih berasa kalo beli di daerah asalnya langsung dong ya hehe. Harganya murah banget cuma Rp 5.000 aja per bungkus atau per porsi.

Menuju rumah Tante
Perjalanan menuju daerah Batusangkar, kita lewat Danau Singkarak, jadi kita jalan di pinggir danaunya. Sebenernya penasaran banget mau liat secara langsung penampakan danau yg tersohor itu. Sayang banget gak bisa liat karena gelap udah malem :( Luas banget danau ini ternyata, udah perjalanan setengah jama, masih ngiterin danau itu aja.

Kita minta diturunin di resto Angin Berhembus, lucu ya nama restonya. Orang sana udah familiar banget sama nama resto ini. Sampai di resto tsb, kita dijemput mobil sama adik sepupu ayah. Dengan mobil kita cuss ke rumah tante di Sungayang. Alhamdulillah..

Journey Review
Kesimpulannya lama perjalanan dari Jakarta ke Padang naik bus adalah 2 hari satu malam, dengan rincian : berangkat dari Jakarta jam 12.00 siang, sampai di Sumatera Barat tepatnya Batusangkar sekitar jam 10.00 malam keesokan harinya. Dengan catatan kondisi lalu lintas lancar, dan tidak ada delay kapal laut merapat di pelabuhan, dll.

Nah, setiap hal kan pasti ada plus-minus dan suka-dukanya ya. Di akhir posting ini aku mau kabarin beberapa poinnya.
*Plus*
- Lebih hemat untuk yg berbudget minim
- Mempererat hubungan keluarga, jadi lebih care selama di jalan. Ada pembagian tugas dan tanggung jawab
- Dapet pengalaman berharga kayak bisa liat pemandangan hutan lebat Sumatera secara langsung (sekalian bertafakur dan tadzakkur), liat kehidupan warga lokal di sepanjang jalan, dll.
- First time ngerasain perjalanan yg sampe dua hari.
- First time naik bus masuk kapal feri
- First time ngelewatin provinsi di Sumatera
- Belajar sabar selama di perjalanan
- Belajar bisa gercep pas singgah di restoran
- Jadi lebih tahu hukum safar dalam Islam (sholat yg bisa dijamak dlm kondisi seperti apa, boleh sholat dalam bus apa enggak, dll)

*Minus*
- Makan waktu
- Badan pegel-pegel dan kadang bete
- Bus sering mampir ke restoran jadi menambah lama perjalanan
- Toilet di restoran kurang bersih dan berbayar
- Toilet di dalam bus kurang nyaman
- Kalo makan di restoran harganya mahal dan tidak ada pricelist

Trus kalo ditanya mau lagi gak mudik ke Padang naik Bus, jawabnya : ENGGAK! Bukan berarti aku menyesali perjalanan ini ya, malah aku bersyukur bisa diberi kesempatan kayak gini. Cuma cukup sekali deh ke sana naik bus. Semoga next time nya bisa ke sana naik pesawat atau bawa mobil sendiri biar lebih nyaman hehe. Buat yg baru rencana ke sana naik bus, gapapa kok, nikmatin aja perjalanannya. Malah ayahku bilang, beliau malah maunya naik bus lagi kalo ke Padang, hadeuh.

That's all what i can share about 'Mudik ke Padang Naik Bus' guysss. Hari besoknya kita Lebaranan dong hehe. Nanti kalo sempat aku share juga ya pengalamanku lebaran di Padang, tepatnya di daerang Sungayang, Batusangkar. Semoga postingan ini bermanfaat. Terimakasih :)